Rabu, 25 Juli 2012

Pilih Teknik Sipil atau Arsitektur?


Definisi : 
teknik arsitektur lebih mengarah kepada desain suatu bangunan, arsitek merancang, dan merencanakan, bagaimana bentuk pondasi, apa pondasi yang harus digunakan, struktur beton yang digunakan, interior, tata letak ruangan, eksterior, sampai penentuan warna suatu bangunan. Bangunan tidak hanya rumah atau gedung saja, tapi bisa bandara, jembatan, jalan layang, dan lain sebagainya. Nah setelah sang arsitek merencanakan, barulah diberikan rancangan itu kepada orang sipil/teknik sipil, apa yang mereka lakukan? Mereka menghitung, apakah struktur ini cukup kuat, apakah pondasi ini cukup kuat untuk menahan beban suatu bangunan, bahan apa yang harus digunakan, sampai menghitung RAB (Rincian Anggaran Biaya). 

Jadi apa yang membedakan keduanya?
Teknik arsitektur ialah yang merencanakan (konseptor), kita yang punya ide, bentuk banguan ini seperti apa, itulah tugas seorang arsitek, sedangkan teknik sipil itu yang mengerjakan (pekerja lapangan), pekerja lapangan disini bukan berarti kita menjadi kuli bangunan, tapi lebih ke arah pengawas lapangan/ kontraktor lapangan, karena tanpa kontraktor lapangan, siapa yang akan mengarahkan? Nah disitulah pentingnya orang sipil.
  
Dunia kerja : 
Untuk prospek keduanya sangat menjanjikan, banyak perusahaan dibidang jasa kontraktor, desain interior, jasa properti, membutuhkan orang-orang seperti ini., apalagi dengan berkembangan pembangunan di Indonesia yang semakin menjamur, pasti banyak orang yang mencari tenaga-tenaga profesional, karena ini bukan pekerjaan sembarangan dan main-main, ini membutuhkan tanggung jawab yang besar, mengingat pekerjaan yang kita lakukan menyangkut untuk kebutuhan orang banyak, dan harus dipertanggung jawabkan dikemudian hari. Jadi antara sang arsitek dengan sipil harus memiliki kerjasama dan kerja teamwork yang baik. 

Lebih baik yang mana? : 
Keduanya sama-sama baik, dan menjanjikan tentunya, semua kembali ke diri kalian masing-masing, lebih memiliki imajinasi yang kuat, pilihlah arsitek, atau yang memiliki kelabihan matematika/fisika yang jago, teknik sipil sangatlah cocok, karena teknik sipil membutuhkan hitungan yang kuat dan akurat. arsitek banyak gambarnya, dan tidak terlalu banyak hitungan, lebih membutuhkan imajinasi yang kuat, sementara ilmu sipil, sedikit gambarnya, tapi banyak hitungannya. semuanya bisa dipelajari, arsitek bisa mempelajari ilmu sipil, dan orang sipil bisa pula mempelajari ilmu arsitek, semua tergantung dari kemauan dan kerja keras, keduanya memiliki plus dan minus tersendiri, kalau bisa jadilah orang yang multi talent, karena orang yang demikian banyak dibutuhkan, tetapi semua kembali kepada pilihan kalian masing-masing, asal kita mau tekun menjalaninya, pasti akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Mungkin banyak yang masih bingung dalam penentuan jurusan kuliah nanti, terutama yang masih SMA, tidak perlu diambil pusing, sebenarnya sangat mudah dalam penentuan jurusan, tergantung dari minat anda sendiri, dan juga kalian harus mempunyai cita-cita dan tujuan tentunya, tanpa cita-cita, apa yang harus diperjuangkan?, selain bingung, tanpa arah dan tujuan, ORANG YANG SUKSES ADALAH ORANG YANG KONSISTEN MENGAPAI CITA-CITANYA, apa maksudnya? tetap istiqomah dan tetap lurus di jalannya, tidak pernah mengeluh walaupun itu sulit dan pahit sekalipun, jalani dulu, sampai sepahit pahitnya, itulah yang membedakan orang sukses dan orang gagal, orang yang gagal tidak pernah istiqomah pada jalannya, ia selalu mengeluh, karena jalan yang dilaluinya sulit, dan akhirnya ia pun pindah lajur ke jalan lain, begitupun seterusnya, KAPAN SUKSESNYA KALAU BEGITU?

Nah bagi yang belum mempunyai gambaran tentang jurusan kuliah nanti, mulai saat ini, mulai lah berfikir, khususnya yang masih SMA, mulailah bergerak, cari-cari informasi sebanyak-banyaknya, agar tidak menyesal di kemudian hari, jangan mau untuk menjadi orang yang gagal, karena gagal itu hanya untuk orang-orang pecundang..

SALAM INSPIRASI....

20 komentar:

  1. bagus bro! apapun yang di lakukan dengan istiqomah dan bertujuan baik dan mulia pasti pasti dan pasti akan sukses......

    BalasHapus
  2. Saya ingin melanjutkan kuliah, namun saya masih bingung untuk memilih jurusan Tek.Sipil atau Tek.Arsitektur serta univ yg menyediakan kelas karyawan di Jaksel ? secara saya masih awam karena saya lulusan SMK Tek.Otomotif. Saya ingin menjadi seorang ahli dalam kedua bidang tersebut seperti yg tertulis di blog ini "kalau bisa jadilah orang yang multi talent,"
    Saat ini saya bekerja sebagai drafter di salah satu pt yg bergerak di bidang Str.Konsultan di Jkt-Selatan.
    mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
  3. Saya ingin mengambil teknik sipil.. saya hrus perjuangkan itu smua..
    Saya tidak akan mengeluh apalgi mnyerah..

    Never Give Up..

    BalasHapus
  4. Saya bingung ingin masuk Teknik Sipil Atau Teknik Arsitektur karna saya memiliki kekurangan yaitu BUTA WARNA, jadi saya butuh masukan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo mnurut saya masuk di teknik sipil aja, kan kalo teknik sipil itu menghitung bangunan nya dsb, nah kalo teknik arsitektur itu dia yang merancang dan menentukan warna nya.
      Semoga membantu😊

      Hapus
  5. penjelasan singkat tentang arsitek, teknik sipil, dan desain interior bisa di lihat disini http://kerabatrumah.blogspot.co.id/2016/01/teknik-sipil-vs-arsitektur-vs-desain.html

    BalasHapus
  6. thanks sarannya, karena sangat membantu sekali bagi saya yang masih bingun mengenai arsitek dan tehnik sipil.

    BalasHapus
  7. Yang pasti didunia kerja baik sipil dan arsitek saling membutuhkan, bila lebih menyukai perhitungan silahkan ke sipil, bila lebih menyukai seni silahkan ke arsitektur.
    Thanks.
    http://www.arkostudioarsitek.com/

    BalasHapus
  8. terimakasih atas pencerahannya.
    akhirnya saya sudah menentukan pilihan, dan alhamdulillah skrng saya sudah memasuki smester 6 teknik arsitektur kelas karyawan :)

    BalasHapus
  9. Sya lulusan civil . Tpi sya alhmdulilah dpt mngantungi kdua ilmu itu .pd dasar ny civil bisa lbh slngkah lbh mju .. krna mngtahui sgla ospek .. my opini . Sp bilang civil g bisa desain arc . Realita tmn2 sy pun bgtu :) .. slm sukses .. slm anak teknik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa bilang juga arsitek ga bisa hitung . Kalopun yg desain bangunan bukan Arch yah pasti jelek karena gak belajar soal estetika dsb.

      Hapus
  10. sanagat membantu untuk saya yang mau masuk jurusan t. arsitektur.

    BalasHapus
  11. sangat sesuai, apalagi aku ini smk tehnik gambar bangunan jadi udah mapan pasti lanjut ke Tehnik Arsitektur..

    BalasHapus
  12. Thank gan infonya semoga bermanfaat. Salam sukses

    BalasHapus
  13. Masih bingung sih saya... Soalnya saya bisa dua duanya... Saya cukup kuat di matematika/ fisika... But ku juga bisa gambar :( ... Bapak maksa di teknik sipil... Tapi sayanya mau di arsitektur... Ini gimana bagusnya ya??

    BalasHapus
  14. Saya lulusan T.Gambar bangunan SMK, saya pengen masuk t.sipil,saya mampu dan menyukai fisika,tapi kemampuan matematika kurang baik, dan saya juga senang kalo disuruh desain rumah..
    Jadi enaknya pilih yg mna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana ceritanya bisa fisika tapi kurang di mtk yg secara logika aja mtk tuh dasar dari fisika jadi kalau udh bisa fisika itu brrti mtknya udh bagus jga

      Hapus
  15. Kalau mau kuliah dengan pilihan antara sipil dan arsitek mana yang didahulukan untuk pilihan pertama ya?terimakasih🙏

    BalasHapus
  16. Saya suka gambar dan bagus dalam matematika dan fisika, saya ingin masuk teknik arsitektur tapi ortu nyuruh yeknil sipil😔

    BalasHapus